Selasa, 13 April 2010

Tugas 1: "Apa itu Sistem Informasi?"

Definisi Sistem Informasi?
Sistem Informasi itu dibedakan menjadi 2 yaitu Sistem Informasi Manual dan Sistem Informasi Berbasis Komputer (CBIS).
CBIS atau selanujtnya disebut Sistem Informasi saja adalah jenis sistem informasi yang menggunakan komputer. dan adapun pengertian dari beberapa tokoh:
Hall (2001), Sistem Informasi adalah sebuah rangkaian prosedur formal dimana data dikelompokkan, diproses menjadi informasi dan di distribusikan kepada pemakai.
Alter (1992), Sistem Informasi adalah kombinasi natar prosedur kerja, informais, orang dan teknologi informasi yang di organisasikan untuk mencapai tujuan dalam mencapai organisasi.
Turban, McLean dan Wtherbe (1999), sebuah sistem informasi mengumpulka, memproses, menyimpan, menganalisi, menyebarkan, informasi untuk tujuan yang spesifik.
Wilkinson (1992), Sistem Informasi adalah kerangka kerj aynag mengkoordinasi sumberdaya (manusia komputer) untuk mengubah masukan (input) menjadi keluaran (informasi) guna mencapai sasaran-sasaran perusahaan.

Contoh-contoh Sistem Informasi?
contoh Sistem Informasi itu seperti sistem untuk menangani penjualan kredit kendaraan bermotor, sistem POS (Point Of Sale), sistem berdasarkan kartu cerdas (smart card), sistem yang dipasang pada temapat-tempat publik, yang memungkinkan seseorang mendapatkan sistem informasi seperti hotel, tempat pariwisata, pertokoan dan lain-lain, E-Govermnet atau sistem informais layanan pemerintahan ynag berbasis internet dan sistem layanan akademis berbasis web.

Bagaimana sifat Sistem Informasi?
Tidak harus komplek, dan bisa saja menggunakan komputer.

Peranan Sistem Informasi?
berpartisipasi dalam pelaksanaan tugas-tugas ==> otomasi, mengaitkan perencanaan, pengerjaan, dan pengendali dalam sebuah subsistem, mengkoordinasikan subsistem-subsistem

0 komentar:

Posting Komentar